Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Earphone




Tahukah Anda bahwa mendengarkan lagu atau sekedar melihat-lihat video dengan gadget atau smartphone Anda melalui earphone, headphone, dan perangkat sejenis lainnya bisa membahayakan telinga Anda? Benar, berdasarkan penelitian, suara yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran Anda.


Lantas, seberapa keraskah ambang batas suara yang boleh kita dengar?Jika Anda dapat mendengar suara melalui headphone atau earphone orang lain. Hal tersebut adalah indikasi bahwa suara yang didengar terlalu kencang dan akan menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran. Berdasarkan penelitian suara yang berada pada level 85dB (decibel, satuan volume suara) ke bawah, dinyatakan aman bagi pendengaran. Jika Anda terpaparakan suara yang rata-rata melebihi 90dB selama lebih dari 8 jam per hari, maka akan terjadi kerusakan permanen pada organ pendengaran Anda. Karena itulah pekerja di proyek bangunan atau pun bandara selalu mengenakan pelindung telinga agar mencegah terjadinya kerusakan permanen pada organ pendengaran Anda.

Sebagai acuan bagi Anda, tahukah Anda bahwa sebuah bisikan di telinga memiliki kekuatan 30dB, suara lalu lintas kendaraan 75dB, suara tembakan 100dB, suara pesawat terbang 140dB, dan yang paling penting bahwa perangkat musik stereo Anda yang Anda dengarkan melalui earphone memiliki tingkat kebisingan antara 95–115dB, sesuai dengan volume yang Anda tentukan?

Bukan tidak boleh untuk menggunakan perangkat-perangkat yang ada ataupun mendengarkan musik kegemaran Anda, namun sangatlah bijaksana jika kita memahami konsekuensinya dan mulai mengatur kekuatan suara dan lamanya agar Anda terhindar dari bahaya menjadi ‘budek’. Jadi apakah Anda masih mau mengorbankan indera pendengaran Anda yang begitu berharga? 



(sumber) 
Labels: facebook, info, kesehatan, sosmed

Terimakasih telah membaca Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Earphone. Silahkan bagikan...

0 Comment for "Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Earphone"

suara21.com. Powered by Blogger.
Back To Top