Kenapa Kencing Sambil Berdiri Berbahaya?



Pada umumnya seorang laki-laki saat kencing atau buang air dilakukan dengan cara berdiri. Dan wanita melakukannya dengan jongkok. Sebenarnya mana yang lebih baik?


Di Swedia terdapat larangan untuk pria dilarang kencing berdiri sebab dipandang ada banyak keuntungan. Salah satu alasannya dapat mengurangi genangan air dan dianggap dapat mengurangi risiko kanker prostat dan meningkatkan kualitas kehidupan seks pria. 

Manfaat buang air kecil dengan jongkok bagi kesehatan pria lainnya yaitu:

1. Saat buang air kecil dengan posisi jongkok sempurna kandung kemih akan tertekan dan memicu keluarnya seluruh urin dari tubuh tanpa sisa. Kandung kemih yang kosong dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.
Untuk mengosongkan kandung kemih, saat buang air seni usahakan batuk-batuk kecil supaya kandung kemih lebih tertekan dan urin bisa keluar semua.

2. Biasanya saat buang air seni dengan posisi jongkok sering disertai dengan buang gas, dengan begitu Anda telah membuang metabolisme tubuh berupa air dan gas. Kondisi ini sangat jarang terjadi bila Anda kencing dengan posisi berdiri.

3. Buang air kecil dengan posisi berdiri tidak akan menekan kandung kemih sehingga masih ada urin yang tertinggal dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat meinmbulkan berbagai macam penyakit akibat masih tertinggalnya sisa metabolisme tubuh. Makin banyak urin yang tersimpan dalama tubuh maka makin meningkat pula risiko terkena batu kandung kemih.

Masya Allah.. Ternyata semua hal itu sudah diajarkan dalam Islam sejak berabad-abad yang lalu seperti dalam hadits dibawah ini.


Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, Syarik memberitahukan kepada kami dari Miqdam bin Syuraih, dari ayahnya, dari Aisyah, dia berkata, "Barangsiapa bercerita kepadamu bahwa Nabi SAW kencing dengan berdiri, maka jangan mempercayainya! Beliau tidak pernah kencing kecuali dengan duduk (berjongkok)." Shahih: Ibnu Majah (307)

Ia berkata, "Didalam bab ini terdapat hadits dari Umar, Buraidah, dan Abdurrahman bin Hasanah." Abu Isa berkata, "Hadits Aisyah adalah hadits yang paling hasan dan shahih dalam bab ini." Hadits Umar hanya diriwayatkan dari hadits Abdul Karim bin Abu Al Mukhariq, dari Nafi', dari Ibnu Umar, dia berkata, "Nabi SAW melihatku saat aku sedang kencing dengan berdiri, maka beliau bersabda,  Hai Umar, janganlah kamu kencing dengan berdiri!" Lalu setelah itu aku tidak kencing dengan berdiri."Abu Isa berkata, "Hanya Abdul Karim bin Abu Al Mukhariq yang me-marfu'-kan hadits ini, padahal ia lemah menurut ahli hadits. Ayyub As-Sakhtiyani melemahkannya dan membicarakannya. Ubaidullah meriwayatkannya dari Nafi' dari Ibnu Umar, dia berkata, "Umar RA berkata, 'Aku tidak kencing dengan berdiri sejak aku masuk Islam'." Hadits ini lebih shahih daripada hadits Abdul Karim dan hadits Buraidah, dan dalam hal kedua hadits tersebut tidak mahfuzh (akurat). Makna larangan kencing dengan berdiri bertujuan untuk mendidik, bukan untuk mengharamkan. Telah diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, dia berkata, "Sesungguhnya kencing sambil berdiri termasuk akhlak yang tidak baik."
Labels: fakta, islam, kesehatan

Terimakasih telah membaca Kenapa Kencing Sambil Berdiri Berbahaya?. Silahkan bagikan...

0 Comment for "Kenapa Kencing Sambil Berdiri Berbahaya?"

suara21.com. Powered by Blogger.
Back To Top