Manfaat Nyata Siwak

Tahukah Anda bersiwak Mengandung Banyak Manfaat?

Tetapi sayangnya umat Islam banyak yang belum mengetahui.

Bersiwak adalah salah satu sunnah Rasulullah yang banyak mengandung manfaat dan rahasia.
Bersiwak adalah proses membersihkan gigi dan mulut dengan kayu siwak.



Dalam bahasa Arab, siwak atau biasa juga disebut miswak adalah dahan/akar yang berasal dari pohon Salvadora persica.
Pohon ini pada umumnya digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Karena tekstur kelembutan batang atau akarnya tersebut maka pohon ini bisa difungsikan sebagai pembersih.

Mengapa siwak penting?
Karena kebersihan merupakan bagian dari iman. Selain itu, siwak berbeda dengan sikat gigi yang kita kenal di zaman sekarang karena batang kayu siwak sendiri mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk kesehatan mulut.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kayu siwak mengandung mineral yang dapat menghambat dan bahkan membunuh bakteri, mengikis plak gigi, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

Apa saja yang terkandung dalam siwak?
Kandungan siwak adalah antibacterial acids seperti astringents, arasive dan deterjen yang fungsinya untuk mencegah infeksi serta menghentikan pendarahan pada gusi. Biasanya mereka yang menggunakan kayu siwak segar akan merasakan pedas dan sedikit membakar di mulut karena adanya kandungan yang berupa substansi dari zat anti bakteri tersebut.

Selain itu, siwak juga mengandung klorida, silika, sulfur, sodium dan vitamin C yang berguna untuk memutihkan dan menyehatkan gigi serta gusi. Pasta gigi yang banyak dijual di pasaran disusun dari hasil ekstrak zat-zat tersebut. Mineral-mineralini juga berfungsi optimal dalam membersihkan gigi dari kotoran-kotoran makanan. Apalagi siwak juga memiliki aroma alami yang memiliki bau segar sehingga mulut pun terasa harum.

Di samping memiliki fungsi pemeliharaan, siwak juga mengandung enzim yang bermanfaat dalam mencegah pembentukan plak gigi yang dalam jangka panjang merupakan penyebab dari radang gusi dan gigi tanggal sebelum waktunya. Dan ’sikat gigi’ yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala inipun mengandung zat anti pembusukan yang berperan untuk menurunkan jumlah bakteri di mulut serta turut merangsang produksi zat organik mulut, saliva, yang fungsinya untuk melindungi dan membersihkan mulut.

Beberapa dalil tentang bersiwak:

1. Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulallah bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak lalu berdiri mengerjakan shalat, maka berdirilah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dengan seksama kemudian dia mendekatinya (atau beliau mengucapkan kalimat seperti itu) hingga malaikat itu meletakkan mulutnya diatas mulut orang yang membaca al-Qur'an, maka tidaklah keluar dari mulutnya bacaan al-Qur'an itu melainkan langsung ke perut malaikat, oleh sebab itu bersihkanlah mulut-mulut kalian untuk membaca al-Qur'an. Dikeluarkan oleh Abdullah bin al-Mubarak dalam kitabnya az-Zuhd no. 1211, al-Mundziri dalam at-Targhiib dan at-Tarhiib dan al-Albani berkata: Hasan shahih (Shahih at-Tarhiib no. 215).

2. "Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob". (HR: Ahmad, irwaul golil no 66 [shohih]).

3. “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (HR: Bukhori dan Muslim, irwaulgolil no 70)

4. “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan salat”. (HR: Bukhori dan Muslim, irwaul golil no 70)

5. ”Aku bertanya kepada ‘Aisyah: “Apa yang dilakukan pertama kali oleh Rasulullah jika dia memasuki rumahnya?” Beliau menjawab: ”Bersiwak”. (HR: Muslim, irwaul golil no 72)

6. Dari Abu Musa Al-Asy’ari berkata, yang artinya: "Aku mendatangi Nabi Shallallâhu ‘alaihi wasallam dan dia sedang bersiwak dengan siwak yang basah. Dan ujung siwak pada lidahnya dan dia sambil berkata “Uh-uh”. Dan siwak berada pada mulutnya seakan-akan beliau muntah". (HR: Bukhori dan Muslim)

7. ‘Dari Aisyah berkata, yang artinya: "Aku melihat Rasululloh memandang siwak tersebut, maka akupun tahu bahwa beliau menyukainya, lalu aku berkata: ‘Aku ambilkan siwak tersebut untuk engkau?” Maka Rasulullah mengisyaratkan dengan kepalanya (mengangguk-pent) yaitu tanda setuju." (HR: Bukhori dan Muslim).

Ternyata bersiwak selain menjalankan sunnah ada manfaat yang nyata. Semoga kita bisa menjalankan sunnah dengan sebaik-baiknya.

(dari berbagai sumber)
Labels: fakta, islam, kesehatan

Terimakasih telah membaca Manfaat Nyata Siwak . Silahkan bagikan...

0 Comment for "Manfaat Nyata Siwak "

suara21.com. Powered by Blogger.
Back To Top