Bahaya Mencium Pada Bibir Anak

Ciuman menjadi bagian untuk mengekspresikan wujud rasa kasih sayang kepada anak Anda. Namun Anda perlu berhati-hati dan memperhatikan bagian tubuh anak mana saja yang boleh dicium. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa berbahaya bila mencium bibir anak.



Sandra Beltran, seorang dokter spesialis anak dari Asosiasi Penyakit Infeksi Columbia, mengatakan bahwa mencium anak pada bagian bibir dapat menyebarkan penyakit.

“Mencium bibir anak dapat menjadi pusat penyebaran penyakit. Apalagi daya tahan tubuh anak yang belum stabil. Salah satu virus yang mungkin menyebar adalah cytomegalovirus, virus penyakit yang menyebar melalui air liur, berjabat tangan dan bersin dengan menggunakan telapak tangan.” ujar Sandra.

Penyakit yang bisa timbul dari mencium di bibir disebut dengan Mononucleosis, yaitu sejenis herpes yang dapat menular melalui berciuman, minum dari gelas atau botol yang sama dan menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain. Adapun gejala-gejalanya adalah demam, mual muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, dan mudah lelah.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya tidak mencium bibir anak Anda. Selain itu ajarkan juga pada mereka agar melarang orang lain untuk menciumnya dan untuk tidak berbagi peralatan makan dengan orang lain.

Pada tahun 2009 di Inggris bahkan ada seorang ibu yang kehilangan bayinya yang baru berumur 11 hari karena sering mencium bibirnya. Bayi baru lahir dan anak-anak tidak memiliki sistim kekebalan tubuh yang baik untuk melawan virus ini. Untuk itulah sebaiknya Anda menunjukkan kasih sayang Anda dengan cara yang lain. Dengan menghindari tindakan mencium bibir anak, menunjukkan bahwa Anda peduli pada kesehatan mereka.

Seorang psikolog asal Argentina yang bernama Emilia Canzutti mengatakan bahwa anda tidak boleh mencium anak-anak anda pada bibir.

Dia mengatakan bahwa berciuman di bibir memiliki konotasi seksual dan dapat menghasilkan kebingungan selama tahap perkembangan anak dalam hidup. Dia juga menyebut ini dapat "merangsang" Zona sensitif.

Psikolog juga mengatakan itu adalah kebiasaan buruk dan dilakukan untuk kesenangan orang tua itu karena anak-anak tidak tahu mana yang lebih baik. Mereka akan menerima dan menghargai ciuman di pipi.

Dalam bukunya, intinya adalah ciuman di bibir adalah untuk ibu dan ayah.

"Jangan biarkan orang asing mencium buah hati Anda!" hal itu juga menjadi peringatan yang diungkapkan seorang ibu di Inggris.

Dialah Nyonya Henderson yang berbagi kisah, soal sakit yang diderita bayi kecilnya setelah mendapat ciuman di bibir dari orang dewasa.

Bayi dari Claire Henderson diserang virus herpes setelah mendapat kecupan di bibir. Karena virus tersebut, bayi mungil itu dirawat di rumah sakit selama lima hari dengan luka lepuh di bibir.

Hindari untuk mencium bibir anak terutama yang masih bayi dan terutama ciuman dari orang yang asing.

(dari berbagai sumber)
Labels: anak, info, kesehatan

Terimakasih telah membaca Bahaya Mencium Pada Bibir Anak . Silahkan bagikan...

0 Comment for "Bahaya Mencium Pada Bibir Anak "

suara21.com. Powered by Blogger.
Back To Top