Berkuda Dan Memanah, Olahraga Sunnah Yang Sedang Naik Daun

Berkuda dan memanah bukanlah hal baru, keduanya adalah kegiatan fisik yang kurang lazim untuk masyarakat Indonesia. Karena keduanya bisa dianggap kurang praktis untuk dipraktikkan sehari-hari, belum juga sarananya yang terbatas.







Namun dalam beberapa waktu terakhir ini di beberapa kota di Indonesia mulai muncul hadirnya pelatihan berkuda atau memanah. Di daerah Bandung, Sukoharjo dan sekitarnya, sarana berlatih berkuda sudah mulai hadir dan memberikan pelatihan. Di Bandung sendiri sudah dipopulerkan oleh sebuah tempat wisata di Lembang.

Olahraga raga memanah diyakini dapat bermanfaat untuk melatih mengendalikan emosi dan fokus pikiran. Selain itu juga bagus untuk latihan fisik karena untuk menggunakan busur panah juga memerlukan kekuatan yang tidak sedikit.





Saat ini juga sudah banyak bermunculan tempat yang menjual peralatan panah, terutama sudah banyak dijajakan dalam media online.



Di daerah equestrian seperti Daarus Sunnah Anda sudah bisa mendalami menunggang kuda, terletak dalam area eco-pesantren Daarut Tauhiid, Daarus Sunnah (DS) Equestrian berdiri sejak pertengahan 2015.

Salah satu poin dari olahraga berkuda adalah mengendalikan kuda, bukan sekadar menungganginya. Karena itu, hal pertama yang disarankan adalah membangun ikatan kepercayaan dengan kuda yang akan ditunggangi. Selain membentuk fisik yang prima, berkuda juga melatih mental kepemimpinan.

Bagaimana? Anda tertarik. Bukan sekedar olahraga namun juga sunnah. Anda mendapatkan manfaat dan juga pahala.

"Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah." (HR. Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ahmad dan lainnya) .

"Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya dijalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad – 16699)


(all)
Labels: islam, kesehatan, olahraga

Terimakasih telah membaca Berkuda Dan Memanah, Olahraga Sunnah Yang Sedang Naik Daun . Silahkan bagikan...

1 Comment for "Berkuda Dan Memanah, Olahraga Sunnah Yang Sedang Naik Daun "

Alhamdulillah saya udah pernah nyoba panahan di Daruut Tauhiid Jakarta, karena sebelumnya saya nyantri di sana bukan diBandungnya, tapi seru, sayang belum nyobain naik kudanya.. hehe..

suara21.com. Powered by Blogger.
Back To Top