Kisah Haru “Anak Kecil Pergi Haji Seorang Diri Tanpa Bekal”

Banyak sekali inspirasi dan pesan yang bisa didapat dari kisah orang naik haji. Melalui kisah-kisah mereka, Allah SWT menyampaikan pesan berupa nilai-nilai kebaikan dalam hidup bagi umatNya. Salah satunya adalah kisah seorang anak kecil pergi haji sendirian. Seorang tokoh sufi bernama Ibrahim menceritakan kisahnya bertemu anak kecil yang hendak naik haji. Dalam kisah itu diceritakan bahwa ia bertemu dengan anak kecil di padang gurun.



Ia menghampiri anak itu dan menanyakan sedang apa ia berjalan di padang gurun sendirian. Jawaban anak kecil sungguh mencengangkan. Ia mengatakan bahwa ia hendak pergi ke rumah Tuhannya.

Ibrahim pun terheran-heran, untuk apa ia melakukan itu sedangkan ia masih sangat kecil dan sunnah hukumnya melakukan haji di usianya itu. Anak kecil itu bahkan tak berbekal kendaraan, makan serta minum. Ia mengatakan bahwa takwa dan imannya kepada Tuhan adalah bekalnya. Lalu Ibrahim menanyakan kepadanya bagaimana bisa ia berhaji tanpa bekal. Anak kecil itu menjawab dengan menakjubkan.
Ia mengatakan bahwa ia berbekal 4 penglihatan yaitu:
-Penglihatan akan dunia dan seisinya adalah kerajaan Allah
-Bahwa seluruh makhluk adalah hamba-hamba Allah
-Seluruh rezeki pun berada dalam genggaman Allah
-Dan ketentuan Allah sudah pasti dijadikannya untuk bumi ciptaanNya.

Maka Ibrahim pun mengerti dan mengatakan bahwa bekal yang dibawa oleh anak kecil itu akan membawanya melalui padang gurun di akhirat. Karenanya, padang gurun di dunia ini tak ada artinya.

(ig/yuliana__rahman)
Labels: hikmah, info, kisah

Terimakasih telah membaca Kisah Haru “Anak Kecil Pergi Haji Seorang Diri Tanpa Bekal”. Silahkan bagikan...

0 Comment for "Kisah Haru “Anak Kecil Pergi Haji Seorang Diri Tanpa Bekal”"

suara21.com. Powered by Blogger.
Back To Top